iklan

ALT/TEXT GAMBAR ALT/TEXT GAMBAR ALT/TEXT GAMBAR ALT/TEXT GAMBAR

Sunday, 15 December 2013

artikel prakerin



BAB I
PENDAHULUAN

A.         A.       Latar Belakang Masalah
Perlu disadari bahwa sampai pada saat ini lulusan SMK belum dapat diserap langsung oleh pihak dunia usaha maupun industri.Secara kasat mata terbukti hampir setiap DU/DI ketika merekrut tenaga kerja lulusan SMK masih menerapkan Pendidikan dan Pelatihan bagi yang telah lolos seleksi penerimaan karyawan.Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan yang di miliki lulusan SMK belum diakui oleh pihak DU/DI.
Jika kita kaji secara seksama, kita tidak dapat menyalahkan pihak DU/DI.Memang pada kenyataannya masih banyak SMK yang sangat minim peralatan praktik.Sehingga peserta diklat yang seharusnya porsi pembelajaran praktik 70% hanya dapat berangan-angan dengan teori saja tidak dengan peralatan kenyataan yang sebenarnya.
           
SMK yang peralatan praktiknya cukup memadai, belum tentu peralatan itu sesuai dengan yang ada di DU/DI.Sekarang peralatan di DU/DI sudah serba otomatis sedangkan peralatan yang ada di SMK-SMK masih manual. Sehingga pelaksanaan praktik hanya sekedar mengenal peralatan yanag ada, kurang memperhatikan kebutuhan di DU/DI, itupun tidak semuanya dapat memanfaatkan secara maksimal.
Sesuai dengan hasil pengamatan dan penelitian Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, pola penyelenggaraan di SMK belum secara tegas dapat menghasilkan tamatan sebagaimana yang di harapkan. Hal tersebut dapat dilihat dari kondisi pembelajaran yang belum kondusif untuk menghasilakn tenaga kerja yang professional, karena keahlian professional seseorang tidak semata-mata diukur oleh penguasaan unsur pengetahuan dan teknik bekerja, tetapi harus dilengkapi dengan penguasaan kiat bekerja penguasaan yang baik. Penggunaan unsur ilmu pengetahuan dan teknik bekerja dapat dipelajari di sekolah, namun untuk kiat adalah sesuatu yang tidak dapat diajarkan tetapi harus dikuasai melalui pembiasaan dan internalisasi.
Untuk kiat yang menjadi faktor utama penentu kadar keahlian professional seseorang, hanya dapat dikuasai melalui cara mengerjakan pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri. Karena itulah tumbuh suatu aturan keahlian professional berdasarkan jumlah pengalaman kerja.
Mata diklat praktik kejuruan yang disajikan di sekolah biarpun menggunakan peralatan yang lengkap dan modern, pada dasarnya hanya mampu menyajikan proses dan situasi peniruan (simulasi), karena bukan situasi yang sesungguhnya, oleh karena itu sulit  diharapkan untuk mampu memberikan keahlian sebagaimana yang diharapkan.
Melihat kenyataan diatas, DIKMENJUR menetapkan strategi operasional yang berdasarkan kepada kebijakan “ Link and Match” (kesesuaian dan kesepadanan) Departemen Pendidikan dan kebudayaan dalam model penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda. Pelaksanaannya sesuai dengan ketemtuan-ketentuan yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, PP Nomor 20 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah, PP Nomor 39 1992 tentang Peran serta masyarakat dalam Pendidikan Nasional, kepdikbud Nomor 080/U/1992 tentang Sekolah Menengah Kejuruan dan Kepmendikbud Nomor 080/U/1993 tentang kurikulum SMK.
Alasan penulis menggunakan software ini adalah karena XXCLONE lebih efisien dalam melakukan pengkloningan harddisk, cukup mudah dan  mampu memproses data cloning dengan  baik. XXCLONE  ini dapat menduplikasi harddisk saat Mindows sedang dijalankan. Kebanyakan software lain tidak bisa menduplikasi harddisk saat OS yang ingin di-duplikasi sedang dijalankan, karena ada beberapa file yang tidak bisa dicopy. Misalnya pagefile.sys, atau file-file sistem-nya Mindows. Tapi hanya XXClone yang paling bagus dibandingkan software-software kloning yang lain.Selain itu alasan penulis untuk  mengambil judul ini karenauntuk syarat mengikuti UJIAN NASIONAL.

B.       B.          RUMUSAN MASALAH
1.         Pengertian Cloning Harddisk.
2.         Cara Cloning Harddisk Menggunakan XXCLONE.

C.      C.          Maksud dan Tujuan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
C.1. Maksud Praktek  Kerja Industri (PRAKERIN)
Adapun  maksud dilaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini adalah :
1.         Membentuk kemampuan siswa sebagai untuk memasuki lapangan kerja.
2.         Sebagai pengalaman melatih diri dengan mengkaji konsep-konsep yang didapat selama pendidikan sehingga terbiasa dengan lapangan kerja.
3.         Memperluas dan memantapkan proses penetapan teknologi baru dari lapangan kerja ke sekolah maupun sebaliknya.
4.      Diharapkan dari hasil penulisan ini nantinya dapat memberikan sumbangan pemikiran kepada perusahaan atau instansi dalam mengambil kebijakan di masa yang akan datang.
5.         Memantapkan sikap profeseonal yang diperoleh oleh siswa dalam memasuki lapangan kerja sesuai dengan bidangnya.
C.2. Tujuan Praktek Kerja Industri
Tujuan Praktek Kerja Industri (Prakerin) bagi setiap siswa yang akan menyelesaikan studinya dari SMK MAMBAUL FALAH adalah sebagai berikut :
                     
1.                  Membentuk kemampuan siswa sebagai untuk memasuki lapangan kerja.
2.                  Sebagai pengalaman melatih diri dengan mengkaji konsep-konsep yang didapat selama pendidikan sehingga terbiasa dengan lapangan kerja.
3.                  Memperluas dan memantapkan proses penetapan teknologi baru dari lapangan kerja ke sekolah maupun sebaliknya.
4.                  Diharapkan dari hasil penulisan ini nantinya dapat memberikan sumbangan pemikiran kepada perusahaan atau instansi dalam mengambil kebijakan di masa yang akan datang.
5.                  Memantapkan sikap profeseonal yang diperoleh oleh siswa dalam memasuki lapangan kerja sesuai dengan bidangnya.
        
D.      D.          Metode Mengumpulkan Data
Untuk menyem purnakan data-data yang dibutuhkan dalam penyusunan laporan ini, maka kami melakukan kami melakukan metode pengumpulan data melalui 2 (dua) cara yaitu :
           a.       Secara Langsung atau Metode Observasi

       Yang dimaksud dengan pengumpulan data secara langsung adalah kami melakukan pengumpulan data dengan cara observasi secara langsung di instansi dengan menggunakan teknik wawancara kepada staf atau karyawan yang berwewenang atau mengetahui informasi yang dibutuhkan.
           b.       Secara Tidak Langsung atau Metode Keputusan
      Yang di maksud dengan metode pengumpulan data secara tidak langsung, kami selaku penulis berpedoman pada buku-buku atau referensi yang berkaitan dengan materi yang  di angkat atau isi laporan kami.

E.     E.            Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan adalah berisi uraian singkat setiap bab, mulai dari BAB I hingga ke- BAB V, dimana uraian ini memberikan gambaran secara langsung tentang isi dari tiap-tiap bab yang ada dalam laporan ini.
            Adapun sistematika dari laporan kami adalah sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini membahas tentang Latar Belakang, Rumusan Masalah, Maksud dan Tujuan Prakerin, Metode Pengumpulan Data, serta Sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini membahas tentang teori-teori yang berhubungan dengan teori yang ada dalam laporan, yaitu Pengertian Cloning Harddisk.
BAB III MENDESKRIPSIKAN LOKASI PRAKERIN
Bab ini membahas tentang Sejarah Perusahaan, Tempat dan Waktu Prakerin, Jadwal dan Kegiatan Prakerin, Tugas Pokok dan Fungsi, Struktur Organisasi, Program Kerja dan Kegiatannya.
BAB IV PEMBAHASAN
Bab ini membahas tentang: Pengertian Cloning Harddisk dan Cara Cloning Harddisk Menggunakan XXCLONE.
BAB V PENUTUP
Bab ini merupakan bab penutup yang berisi kesimpulan dan saran, baik bagi perusahaan/ instansi maupun bagi SMK Mambaul Falah.
LAMPIRAN – LAMPIRAN
Bab ini berisi tentang  Absensi dan keterangan lainnya.


BAB II
LANDASAN TEORI

A.      A.          Pengertian Cloning Harddisk
Cloning harddisk adalah penduplikasian atau penggandaan yang dilakukan pada suatu hardisk ke harddisk yang lain. Misalnya harddisk A sudah berisi program lengkap, dan harddisk B masih kosong atau dengan kata lain belum terisi program sama sekali. Dengan melakukan cloning dari harddisk A ke harddisk B, maka harddisk B akan mendapatkan isi dan tampilan sama persis seperti isi dan tampilan pada harddisk A.
Cara ini dapat dilakukan dalam hitungan beberapa menit saja. Cara ini sering digunakan oleh pemilik PC yang punya lebih dari satu, misalnya warnet atau bahkan seorang teknisi komputer. Cara ini juga lebih efisien dan efektif ketimbang kita melakukan instalasi sistem operasi pada tiap-tiap harddisk, lalu menginstall program-programnya dengan cara satu persatu. Hal ini tentunya akan banyak memerlukan waktu dan menguras tenaga.
Oleh karena itu untuk menghemat waktu dan tidak menguras banyak tenaga maka dilakukanlah cara cepat yaitu Cloning menggunakan Hiren’s yang didalamnya terdapat aplikasi XXCLONE. Cara yang dilakukan pun cukup mudah, Namun hanya perlu sedikit kejelian, mengingat prosesnya berurutan serta agak sedikit lama. Namun tidak selama waktu yang dibutuhkan apabila menginstall Sistem Operasi apalagi jika ditambah  aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan didalamnya.untuk itu jelas bahwa cara ini akan lebih mempermudah dan menghemat waktu serta tidak terlalu menguras tenaga.
(http://arnosuwarno.blogspot.com/2012/02/cloning-hardisk.html)



BAB III
DISKRIPSI LOKASI PRAKERIN
A.        Sejarah Perusahaan
Kirana jaya komputer berdiri sejak tahun 2008 yang semula merupakan CV.kirana jaya yang digunakan untuk memenuhi tender-tender dari perusahaaan dan badan pemerintahan akan pengadaan alat-alat tulis, elektronik,dan pengadaan yang lainya.
Kirana jaya bermula berdiri untuk memenuhi hasrat masyarakat.Akan keberadaan komputer dan perlengkapannya,dengan harga yang terjangkau. Mulanya kirana jaya komputer hanya melayani penjualan perangkat komputer yang bersifat second hand atau berkas,akan tetapi selang dengan berjalannya waktu dan kebutuhan masyarakatyang mulai maju, maka kirana jaya komputer mengembangkan sayap perusahaan dengan menambahkan vitur-vitur atau kebutuhan yang di butuhkan masyarakat seperti halnya laptop, printer,perakitan komputer baru dan bekas juga pelayanan service langsung selama 24 jam.
Perusahaan yang dipimpin oleh Bapak Suharno parwoto telah mengalami pasang surut selama 5 tahun sampai sekarang, yang semula bapak suharno parwoto selaku direktur utama pada tahun 2009-2010 yang digantikan oleh Bapak Diptya Adri Baskara dan pada tahun 2011 sampai sekarang kepimpinan dipegang oleh istri dari bapak Adri  itu sendiri yang bernama Yana Kusumawati.
Untuk mengatasi permintaan-permintaan di masyarakat yang banyak sekali, maka perusahaan memutuskan untuk memperluas bentangan sayapnya dengan membuka dua cabang sekaligus dalam kota yang sama.
Kantor pusat kirana jaya komputer berada di daerah jalan veteran no.35 kudus yang dikepalai oleh Ibu Yana Kusumawati, cabang pertama berada di desa garung Lor kafling yang di kepalai oleh Eko Listiyanto, dan cabang kedua berada di ruko Tanjung karang yang di kepalai oleh Bapak Heru.
 
B.        Tempat dan Waktu Prakerin
Saya prakerin di perusahaan Kirana Jaya Com2 yang berada di jalan Garung Lorkafling yang dipimpin oleh saudara Eko Listiyanto selaku pemilik toko Kirana Jaya Com2 selama 2 bulan yang dimulai pada tanggal 17 Desember 2012 sampai 17 Februari 2013 dari pukul 08.00 sampai pukul 16.00 WIB.

C.        Jadwal dan Kegiatan Prakerin
Selama prakerin saya melakukan beberapa kegiatan di antaranya sebagai berikut:
1.      Minggu Pertama            : Perakitan
2.      Minggu kedua               : Mendiagnosa permasalahan PC
3.      Minggu ketiga               : Merakit Komputer
4.      Minggu keempat           : Merakit dan Menginstall
5.      Minggu kelima              : Mendiagnosa PC
6.      Minggu keenam            : Servis PC
7.      Minggu kelima              : Mendiagnosa PC
8.      Minggu keenam            : Servis PC
9.      Minggu ketujuh             : Mendiagnosa PC
10.    Minggu kedelapan         : Mendiagnosa PC dan installasi

D.       Struktur Organisasi

KIRANA JAYA COMPUTER



E.        Tugas Pokok dan Fungsi
Tugas dari seorang pemimpin perusahaan adalah mengatur segala kegiatan yang di lakukan dari semua karyawannya dan bertanggung jawab dari semua yang terjadi pada perusahaan atau instansi.
Teknisi bertugas memperbaiki suatu yang rusak dari semua alat baik milik pelanggan dengan prosedur yang benar.
Asisten bertugas sebagai tangan kanan pemimpin, menjalankan semua yang di perintahkan oleh pemimpin selama masih berkenaan dengan perusahaan.

F.        Program Kerja dan Kegiatannya
Program kerja dan kegiatannya yang bias dilakukan di “KIRANA JAYA COM2” adalah sebagai berikut :
1.        Penjualan Komponen Komputer
2.        Merakit Komputer
3.        Servis Komputer
4.        Servis Laptop/Notebook
5.        Servis Monitor
6.        Servis LCD
7.        Servis Printer
G.       Denah Lokasi Prakerin              
                                                  
                                               

BAB IV
PEMBAHASAN
                                                                           
A.      A.         Pengertian Cloning Harddisk


Proses cloning yang sering kita dengar belakangan ini tidak hanya dapat digunakan pada manusia atau hewan saja, tetapi dalam komputer proses ini juga berlaku. Pada komputer, selain kita kenal PC kloning ternyata terdapat istilah yang lain lagi, yaitu kloning Harddisk. Proses kloning harddisk dilakukan dengan menduplikasi atau menggandakan data secara utuh dan sama persis semua isinya dengan harddisk sumbernya.
Cloning harddisk adalah penduplikasian atau penggandaan yang dilakukan pada suatu harddisk ke harddisk yang lain. Misal harddisk A sudah berisi program lengkap, dan harddisk B masih kosong atau dengan kata lain belum terisi program sama sekali. Dengan melakukan kloning dari harddisk A ke harddisk B, maka kita akan mendapatkan isi dan tampilan harddisk B sama persis seperti isi dan tampilan pada harddisk A.
Kita dapat melakukan hal itu dalam hitungan beberapa menit saja.Cara ini sering digunakan oleh pemilik PC yang punya lebih dari satu, misalnya warnet atau bahkan seorang teknisi komputer. Cara ini juga lebih efisien dan efektif daripada melakukan instalasi sistem operasi pada tiap-tiap harddisk, lalu menginstal program-programnya dengan cara satu persatu. Hal ini tentunya akan banyak memerlukan waktu dan menguras tenaga.
Berbagai software telah tersedia dalam kloning harddisk ini, misalnya XXCLONE. Namun bagi kita yang terbiasa dan familier dengan Windows Explorer, maka kita dapat menduplikasi atau menggandakan dua atau lebih harddisk yang identik dengan menggunakan Windows Explorer tersebut melalui Copy dan Paste.
Cara yang dilakukanya pun cukup mudah, walau hanya perlu sedikit kejelian, mengingat prosesnya berurutan serta agak sedikit lama. Namun tidak selama waktu yang kita butuhkan kalau kita meng-install Sistem Operasi.

 

B.     B.          Cara Cloning Harddisk Menggunakan  XXCLONE
1.       Siapkan master windows yang suda terisi software dan settingan atau lainnya dan pasang juga hard disk target.
2.       Kemudian akan tampil didesktop  HBCD dan di klik 2x akan muncul tampilan seperti di bawah ini:
Klik Menu





3.        Pilih back up/xxclone

4.        Setelah klick akan xxclone tampilan seperti ini:

Source volume : master windows yang mau di cloning.
Target volume : target disk yang mau dijadikan hasil cloning.
Kalau harddisk yang mau di clone mempunyai partisi lebih dari satu jangan sampai salah. Jika ragu klik aja tombol DISKMGNT.


Setelah yakin kalian pilih di disk mana lokasi hasil cloning akan dijalankan klik dulu advanced setting:

Ada beberapa pilihan. Bisa dicoba centang pilihan:
a.   Use the alternative wallpaper on Target Desktop: Ini akan menggantikan wallpaper di desktop harddisk tujuan cloning dengan wallpaper bawaan XXCLONE. Biasanya wallpaper dari harddisk master windows yang mau kita cloning kebawa juga.
b.   Use hypersync algorithm (for faster backup) (/hyper) : Menggunakan algoritma hypersync (untuk backup lebih cepat).
c.   Shutdown the computer after operation in complete (/walkout): Mematikan komputer setelah operasi secara lengkap.
d.   Create a log file : membuat file log
e.   Create a debug file : membuat file men-debug
Silakan centang yang ingin dibutuhkan, sekarang lihat cool tool:

Diantaranya ada :
a.  Make Bootable : Jika selesai cloning, harddisk tujuan tidak bisa booting klik saja tombol Make  Bootable ini.
b.  Duplicate Vol ID : Volume ID (serial number) dari harddisk master windows yang dicloning  akan diduplikasi ke tujuan.
c.  Add Test Boot : Mengatur semua file untuk diedit secara keseluruhan.
d.  Make QBD : Membuat disket boot.
e.  Make Batch File : Menyimpan konfigurasi setting XXCLONE atau mengedit di comand prompt.
f.     Restore Points : Mengembalikan settingan awal.
5.     Kalau sudah siap dengan persiapan mari kita klick tombol start dan akan muncul tampilan seperti dibawah ini:

Klik yes untuk melanjutkkan


Klick yes lagi


Dan tunggu proses sampai selesai


Jika sudah selesai klik ok


Cara mengeceknya buka di Windows Explorer


JAM 09.00
TANGGAL 17-02-2013

BAB V
PENUTUP
A.      A.          KESIMPULAN
XXCLONE lebih efisien dalam melakukan pengkloningan harddisk, cukup mudah dan  mampu memproses data cloning dengan  baik. XXCLONE  ini dapat menduplikasi harddisk saat Mindows sedang dijalankan. Kebanyakan software lain tidak bisa menduplikasi harddisk saat OS yang ingin di-duplikasi sedang dijalankan, karena ada beberapa file yang tidak bisa dicopy. Misalnya pagefile.sys, atau file-file sistem-nya Mindows. Tapi hanya XXClone yang paling bagus dibandingkan software-software kloning yang lain.
Dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia terutama dalam dunia kerja diperlukan suatu kemampuan tersendiri atau keterampilan dalam peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam dunia kerja harus diimbangi dengan penambahan wawasan langsung.
Penerapan dan penambahan wawasan di dunia kerja khususnya bidang teknologi dan informasi sangat tepat jika antara instansi pendidikan  dalam  hal didalam Praktek Kerja Lapangan PKL sebaiknya dibimbing secara kontinyu dan terarah, agar kami para PKL dapat cepat memahami apa yang kami kerjakan yang sesuai dengan pembelajaran yang didapat di sekolah yang nantinya akan dijadikan bentuk laporan sesuai dengan apa yang kami kerjakan Sekolah Tinggi Teknologi.
B.     B.            SARAN
Untuk lebih terarahnya tujuan Praktek Kerja Lapangan sesuai yang diharapkan dan lebih baik dalam pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan di masa yang akan datang, di sini penyusun mencoba memberikan beberapa saran yang sangat diharapkan untuk diperhatikan dengan lebih mendalam, yaitu sebagai berikut :


a.      Kepada para siswa sebaiknya melakukan banyak-banyak persiapan yang cukup matang sebelum melaksanakan Praktek Kerja Lapangan.

b.      Kepada Panitia Pelaksana Praktek Kerja Lapangan yang ditunjuk diharap agar kiranya membuat suatu kerjasama dan saling berkoordinasi dengan instansi pemerintah atau swasta tempat Praktek Kerja Lapangan agar dalam pelaksanaan praktek dapat lebih terarah dan terkoordinasi dengan baik.
c.          Kepada para Pegawai atau Karyawan tempat Praktek supaya lebih memperhatikan dan banyak memberi arahan dan bimbingan yang bermanfaat serta berhubungan dengan jalur pendidikan bagi siswa yang sedang melakukan Praktek Kerja Lapangan.
d.                Kepada Kepala Sekolah SMK Mambaul falah diharapkan laporan ini dapat memenuhi syarat dalam pelaksanaan UJIAN AKHIR SEKOLAH (UAS).


DAFTAR PUSTAKA

Diakses tanggal 27 Desember 2012 jam 11.30
Diakses tanggal 25 Maret 2013 jam 09.57
Diakses tanggal 17 Februari 2013 jam 09.00

0 comments:

Post a Comment