iklan

ALT/TEXT GAMBAR ALT/TEXT GAMBAR ALT/TEXT GAMBAR ALT/TEXT GAMBAR

Thursday, 22 August 2013

Tutorial Membuat Efek Kartun Dengan CorelDRAW



Untuk membuat efek kartun dengan CorelDRAW dibutuhkan ketekunan dan ketelitian tingkat tinggi. Sehingga sobat harus benar-benar konsentrasi saat sedang mengerjakan pembuatan efek kartun dengan CorelDRAW ini. Sebagai panduannya sobat bisa mengikuti langkah di bawah ini.
  • Buka foto atau gambar yang akan dibuat menjadi kartun dengan CorelDRAW.
  • Klik kanan pada gambar dan pilih “Lock Object” agar gambar tidak bergeser saat dilakukan tracing. Perbesar tampilan gambarnya hingga yang terlihat di layar adalah bagian mata dengan detail yang jelas. Inti dari pembuatan vector kartun dengan CorelDRAW ini adalah sobat harus melakukan tracing dari gambar aslinya. Disini kita akan memulainya dengan bagian mata.
  • Klik “Bezier Tool” yang ada di toolbox lalu buat garis dengan titik atau sudutnya berada di beberapa bagian yang nantinya akan disesuaikan lagi dengan gambar aslinya dengan mengatur kelengkungannya.
  • Untuk melengkungkan garis-garis yang sudah dibuat dengan “Bezier Tool” sobat bisa klik salah satu garis lalu klik kanan dan pilih “To Curve” yang akan membuat garis menjadi kurva atau melengkung. Setelah itu sobat tinggal melengkungkan garis-garis tersebut sesuai dengan gambar aslinya. Untuk bagian mata bawah buat juga dengan teknik yang sama. Jika sudah terbentuk sesuai dengan gambar asli, langsung beri warna yang hampir sama dengan aslinya juga.


  • Untuk membuat pupil matanya sobat bisa menggunakan teknik “Powerclip”, atau memasukkan sebuah objek ke dalam objek lainnya. Buatlah 3 buah lingkaran yang masing-masing besarnya disesuaikan dengan ukuran pupil mata. Beri warna pada masing-masing lingkaran seperti gambar di bawah ini. Gunakan gradient radial untuk mewarnai lingkaran dengan ukuran sedang.
  • Setelah itu untuk menciptakan kesan transparan atau kilau pada mata sobat bisa membuat bentuk seperti berikut ini. Lalu pilih menu Effect > Power Clip > Place Inside Container sehingga jadi seperti ini.



  • Dengan teknik dasar diatas sobat bisa melanjutkan sendiri untuk melakukan tracing pada semua bagian yang ada pada gambar. Sehingga hasil akhirnya nanti akan terlihat seperti di bawah ini.


2 comments:

  1. Postingan yang menambah ilmu, share lagi yang keren

    ReplyDelete